Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Posted by Sarah J. Lamb Minggu, 15 Juli 2012 0 komentar
Manfaat daun sirih sangat banyak, diantaranya dipercaya untuk mengobati keputihan pada wanita, penghilang bau badan, menghentikan perdarahan saat mimisan dan masih banyak lagi.  Disini kita akan kupas habis manfaat daun sirih sebagai penghenti perdarahan mimisan, yang dikutip dari detikhealth.

Sirih merupakan jenis tanaman merambat yang termasuk dalam famili Piperaceae. Tanaman sirih memiliki banyak nama seperti betel (Prancis), betelhe, vitele (Portugal), ju jiang (China) dan sirih (Indonesia).

Di dalam daun sirih mengandung  bahan kimia dantaranya minyak esensial, hydroxycatechol, chavicol, chavibetol, eugenol, methyl eugenol, kariofilena, cadinene, estragol, terpennena, seskuiterpena, fenil propana, tanin, diastase, gula dan pati.

Manfaat Daun Sirih



manfaat daun sirih


Ternyata bahan-bahan kimia yang terkandung dalam daun sirih inilah yang  dapat menghentikan perdarahan pada saat mimisan. Dan nyatanya tidak hanya pada mimisan, daun sirih juga dapat  menghentikan perdarahan pada luka-luka ringan.

Daun sirih mengandung fenol yang cukup tinggi sehingga daun sirih lima kali lebih efektif sebagai antiseptik dibandingkan dengan fenol biasa.


Cara memakai daun sirih untuk mimisan
  1. Gunakan 1 lembar daun sirih yang digulung dan ditekan hingga mengeluarkan sedikit minyak.
  2. Kemudian tutup lubang hidung yang berdarah dengan daun sirih dan biarkan selama lebih dari 5 menit. 
  3. Sementara lubang hidung yang berdarah ditutup dengan daun sirih usahakan jangan menunduk, menegadahlah.
  4. Ini akan membuat perdarahan cepat berhenti.
Tapi ternyata pengobatan yang back to nature yang menggunakan daun sirih atau piper betle ini tidak cukup populer di negara barat karena kebiasaan barat yang jauh berbeda dengan timur. Manfaat daun sirih semoga berguna bagi kita. Sekedar info saja, Bahwa Pengobatan alami lebih tidak berefek negatif bagi tubuh daripada pengobatan yang banyak mengandung bahan kimia. So.. Back to Nature is the Best for our life.


0 komentar: